Pemerintah Indonesia menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat untuk menekan kasus Covid – 19.

Jika tak ada kebutuhan penting, berdiam diri di rumah menjadi pilihan terbaik yang bisa dilakukan saat ini. Bagi para pemilik motor, untuk mengisi waktu luang saat di rumah saja bisa dengan melakukan kegiatan yang positif seperti merawat kendaraan kesayangan.

Salah satunya adalah dengan memberishkan karburator roda dua agar saat digunakan performanya bisa tetap terjaga.

Karburator kini telah ditinggalkan digantikan dengan sistem injeksi. Karburator adalah salah satu komponen dalam motor yang mempunyai fungsi sebagai sistem pembakaran pada motor.

Di dalam motor sendiri terdapat beberapa komponen utama, yang harus ada, agar mesin bisa bekerja. Yaitu adanya bahan bakar, lalu adanya udara, dan adanya api. Untuk menghasilkan api, merupakan tugas dari busi motor.

Karena itu apabila busi ini kotor ataupun basah, motor kerap jadi mogok juga. Nah, untuk bagian bahan bakar dan udara, harus disuplai secara bersamaan, dan inilah yang menjadi tugas dari karburator.

Yap, karburator berfungsi sebagai penytimui bahan bakar dan udara, untuk bisa mengaktifkan mesin motor.

Walaupun karburator motor umumnya berukuran kecil, dan komponen penyusunnyapun tak sekompleks karburator milik mobil, namun tetap saja, ia memiliki fungsi penting dalam mengatur laju mesin motor.

Karburator motor bisa dibilang salah satu komponen motor yang penting karena menyangkut proses pembakaran. Proses pembakaran dalam karburator yaitu dengan proses bertemu udara dan bahan bakar motor lalu akan diteruskan ke dalam ruang pembakaran.

Karburator sendiri terkadang bisa mengalami gangguan seperti kotor. Jika sudah begitu, pastinya akan mengurangi pembakaran yang baik dan bisa menyebabkan kerusakan seperti tersendat – sendat dan motor susah dihidupkan.

Lalu, bagaimana cara membersihkan karburator yang benar? Yuk simak di bawah.

1.Lepaskan Karburator dan Buka Mangkuknya

Lepaskan Karburator dan Buka Mangkuknya

Pertama – tama tentu saja kalian harus melepaskan terlebih dulu karburator dari dudukan, kemudian dudukan posisinya.

Sebelumnya, kalian juga harus menyiapkan dulu alat kunci untuk melepaskan karburator, hati – hati saat ingin melepaskan karburator.

Selanjutnya, buka mangkok karburator yang kotor dengan melepas semua baut pengaitnya. Lalu lihat apakah ada endapan atau bagian yang terkontaminasi.

Jika memang kotor, bersihkan menggunakan kuas lembut lalu bilas menggunakan bensin agar lebih bersih.

2.Lepas dan Bersihkan Pilot Jet Serta Main Jet Karburator

Lepas dan Bersihkan Pilot Jet Serta Main Jet Karburator

Selanjutnya, kalian harus melepaskan bagian pilot jet, main jet, dan juga needle jet dari karburator motor. Sebaiknya kalian lepaskan dengan hati – hati lalu segera bersihkan dengan cara meniounya.

Akan lebih mudah jika kalian menggunakan kompresor dibandingkan harus meniup secara manual. Setelah melepaskan bagian pilot jet termasuk main jet dan needle jet selanjutnya kalian harus membersihkannya menggunakan kompresor.

Untuk membersihkan Needle jet ini kalian harus berhati – hati. Cukup gunakan saja kuas yang sudah dicelupkan ke bensin kemudian kalian semprot pada bagian lubang menggunakan kompresor.

3.Bersihkan Spuyer Kompresor dan Rakit Kembali Karburator

3.Bersihkan Spuyer Kompresor dan Rakit Kembali Karburator

Cara membersihkan karburator berikutnya adalah dengan membersihkan spuyer karburator, bagian ini sangat berpegaruh pada kinerja mesin, jadi bagian ini cukup penting untuk dibersihkan.

Kalian juga harus berhati – hati saat mempersihkan spuyer agar tidak merubah diameternya. Karena jika diameter super berubah maka kemungkinan motor tak akan bisa dinyalakan.

Kalian bisa membersihkan spuyer dengan menggunakan amplas halus lalu bersihkan kotoran yang menempel di sana.

Lalu yang terakhir adalah merakit serta memasang kembali karburator ke motor dengan benar. Lalu, kalian bisa mengatur campuran bahan bakar dengan menyetel ketinggian pelampung mesin dengan menggunakan jangka sorong.

Rakit semua komponen lalu pasang lagi karburator pada kedudukan semula. Parlu diketahui bahwa jika ingin membersihkan karburator motor sendiri, maka akan dibutuhkan ketelitian yang cukup tinggi.

Perhatikan dan ingat selalu posisi komponen karburator. Jika merasa kesulitan untuk membersihkan sendiri, bisa membawa motor ke bengkel untuk menghindari hal – hal yang tak diinginkan.

Nah, itulah beberaap tips dan cara yang bisa kalian lakukan untuk membersihkan karburator motor kalian sendiri di rumah. Semoga bermanfaat.